Hotel Aurelia Program: Struktur Beton Pracetak Untuk Bangunan “Tsunami Shelter”

Gambar

Pemanfaatan beton pracetak dapat diterapkan dalam berbagai mode, yang menyatukan estetika dan struktur.

Dalam pendekatan antara estetika dan struktur, disain “Hotel Aurelia Program” pada bangunan utamanya ada tiga sistem struktur yang dipakai yaitu; (1) diagrid eksterior, (2) tiga kolom mega, dan (3) sistem pendukung ketegangan kawat yang memungkinkan untuk mencapai bentangan yang lebih panjang, sehingga mendapatkan keleluasaan pandangan keluar atau ke pantai.

Semua komponen struktur utama dari bangunan ini dirancang dengan struktur brton pracetak dengan ukuran yang disesuaikan dengan alat pengangkutan atau transportasi (Shipping Trucks).

Modul diagrid; memungkinkan untuk pencapaian perluasan lantai dan bidang dinding dengan fitur prefabrikasi kaca dan akrilik untuk memberikan kesan kontras dengan material beton bangunan, namun tetap menyatu dengan elemen prefabrikasi modularitas dan arsitektur.

Dengan cara ini, “Hotel Aurelia” dapat diangkut dan dibangun di tempat atau lokasi  pantai yang membutuhkan selain “hotel” juga sebagai “tempat perlindungan tsunami”..

Kekuatan dan kepadatan beton juga dapat membuat bahan yang ideal untuk membangun sebuah bangunan yang diperlukan untuk menahan kekuatan tsunami.

Dua lantai bawah (basement) menggunakan modul yang sama dalam format lintas bracing yang memberikan cukup kekuatan dan kekakuan untuk menahan beban impact dan tekanan yang disebabkan oleh tsunami.

Pengulangan modul memungkinkan untuk redundansi yang cukup dalam gedung untuk berdiri jika beberapa modul gagal atau tidak berfungsi dalam disaat terjadinya tsunami. Maka, dua lantai bawah yang tersisa cukup terbuka sehingga air dapat mengalir melalui rongga-rongga, sedangkan lantai ketiga berfungsi sebagai lobi dan perlindungan tsunami bila perlu. Ketinggian lanatai lobi dapat disesuaikan berdasarkan tingkat perkiraan genangan air tsunami.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Proyek ini dirancang di studio lintas-disiplin bekerja sama dengan insinyur sipil. Fokusnya adalah studio desain pracetak di aplikasi ke perlindungan tsunami. Studio ini didanai oleh Struktur Coreslab yang dianugerahi beasiswa A + E untuk pemilihan tempat pertama proyek ini.

Referensi :

  1. Archinet
  2. http://justinhirose.wordpress.com/

4 Balasan ke Hotel Aurelia Program: Struktur Beton Pracetak Untuk Bangunan “Tsunami Shelter”

  1. nap company mengatakan:

    Tahan Sampe Berapa Skala Ricter tuh :))

  2. zulfikri mengatakan:

    Ini adalah suatu rancangan proyek mahasiswa (Cal Poly Pomona,TVEF – Tsunami Vertical Evacuation Facility), yang tentunya mereka merencanakan kekuatan bangunan ini tahan terhadap goncangan gempa besar yang pernah terjadi di dunia ..:))

  3. jhonnie bloon mengatakan:

    pak Zul, minta alamt FB ataw twiternya za. tertarik banget ma ornamen rumah minangkabaunya. Pingin blajar.
    FB saya di Jhonnie Bloon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: