Ciloteh


RAPEK MANCIK

 

Lain pula yang terjadi di suatu rumah gadang, dimana diatas loteng rumah gadang tersebut tinggal beberapa ekor mancik (tikus) sebagai warga.

  

Selain mancik juga dirumah gadang tersebut tinggal seekor kucing gadang yang ganas, setiap malam warga mancik hilang satu persatu, sehingga membuat cemas warga mancik. Maka untuk mengantisipasi keganasan kucing gadang, mancik mengadakan rapat. Pimpinan mancik melemparkan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi kucing gadang tersebut sehingga kita dapat mengatasi warga kita hilang satu persatu dimakannya. Seekor peserta rapat mengusulkan diadakan piket ronda, tapi disanggah oleh peserta rapat lainnya, dengan alasan bahwa kita yang piket tersebut nantinya yang akan dilahap terlebih dahulu oleh mak kucing !. Dengan saking banyaknya usul yang diusulkan oleh peserta rapat hanya satu usul yang disetujui secara aklamasi oleh peserta rapat yaitu; memasang “ganto” dileher kucing, dengan adanya ganto, kucing gadang bergerak dapat kita dengar dan kita dapat langsung menghilang, dan bersembunyi !.

  

Rapat tahap pertama kita putuskan yaitu memasang ganto dileher kucing !, kata pimpinan rapat dengan mengetokkan palu. Selanjutnya kita mencari siapa gerangan yang mampu memasangkan ganto ke leher kucing ?. Peserta rapat terdiam, mereka saling tolak menolak melaksanakan tugas ini dengan kata lain tidak ada yang berani untuk memasangkan ganto keleher kucing, semetara kucing telah datang mengeong, mancik berlari berhamburan menyelamatkan diri masing-masing.   

 

Nah, kalau ada rapat dimana keputusan rapatnya ada tapi siapa yang melaksanakan atau kegiatan tidak terlaksana, maka rapat ini dinamakan “rapek mancik” (Rapat Tikus)

 

Referensi : Kucing Gadang

 

7 Balasan ke Ciloteh

  1. Ghoezht mengatakan:

    AMBO DULU PUNYO KASET LUCU
    ”RAPEK MANCIK-SUTAN BARO”

    DIMA AMBO DAPEK MANDOWLOADNYO???ADO NDAK DI INTERNET???

    translate>>>

    SAYA DULU PUNYA KASET LUCU
    “RAPEK MANCIK-SUTAN BARO”

    DIMANA SAYA BISA MENDOWLOADNYA???APAKAH ADA DI INTERNET???

    TOLONG BALAS!!! Trims.

  2. zulfikri mengatakan:

    Sanak Ghoezht,
    Sampai saat ko ambo alun tau lai doh apokoh lai ado di pustaka dunia maya atau di internet ko Kaset Lagu “RAPEK MANCIK SUTAN BARO” tu

    Akan ambo agiah tahu nanti kalau lai basuo dek ambo, Tapi sabalun ambo mandapekkan dimaa tampeknyo di internet ko, cubo-cubolah cari jo masin pancari “google” dulu untuang-untuang lai ado.

  3. muhammad dhani mengatakan:

    kalau lai ado rekaman lawak rapek mancik itu, awak tolong di agiah tau dih..
    lah lamo ndak mandanga lawakan minang iko..
    sabab awak lah tingga di tanah jao..

  4. zulfikri mengatakan:

    Jadih, Sanak M. Dhani !,

    Untuk samantaro cubo caliak atau bukak website Sanak Rajo Malano rang Baso ko nan badomisili di Malaysia klik: http://www.youtube.com/user/RajoMalano85 untuang-untuang ado lawak nan dimakasuik, tapi di website nantun banyak lagu-lagu lawak minang.

    Wassalam,

  5. zulfikri mengatakan:

    Aaa.., iyo iko bana nyo carito lawak minang “Rapek Mancik” tun, silahkanlah download MP3 ko rami-rami, tapi jan lupo maagiah donasi yo sanak..!

  6. abu dhaffa mengatakan:

    trims pak atas infonya.. saya punya kenangan dengan cerita rapek mancik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: