7 Masjid Indah Bekubah Emas di Dunia

—–

1. Masjid Qubbah As Sakhrah / Dome of the Rock di Yerusalem, Palestina

masjid_domerock_palestine

Masjid Qubbah As Sakhrah atau di kenal dengan Dome of the Rock dibangun pada sekitar tahun 690M oleh Abdul Malik bin Marwan yang merupakan salah satu raja dalam bani Umayah dan kemudian diikuti dengan pembangunan Masjidil Aqsha yang selesai pada tahun 710M. Masjid ini dahulu-mungkin juga sampai sekarang-di anggap sebagai masjid Al Aqsha. Sebagian orang juga menganggap bangunan ini bukanlah masjid melainkan hanya tumpukan batu besar.

2. Masjid Al-Askari di Samarra, Irak

masjid_alaskari_samarra_irak

Masjid Al-Askari merupakan masjid syiah yang di bangun pada tahun 944 M. Masjid ini terletak di kota Samarra, Irak. Namun sayangnya masjid ini hancur pada bulan Februari 2006 akibat tidak langung dari invasi Amerika Serikat ke Irak.

3. Masjid Suneri, Lahore, Pakistan

masjid_suneri_lahore

Masjid Suneri memiliki 3 kubah emas. Satu kubah utama, 2 lainnya di sisi kanan dan kiri. Masjid ini didirikan oleh Nawab Syed Bhikari Khan, anak Wakil Gubernur Lahore pada tahun 1753 M.

4. Masjid Jame’ Asr atau Masjid Bandar Seri Begawan di Brunei

masid_bandar_sribagawan_brunei

Masjid yang merupakan bagian dari kompleks Istana Bolkiah didirikan pada pertengahan tahun 1980-an untuk memperingati 25 tahun Sultan Hassanal Bolkiah berkuasa. Masjid ini memiliki 29 kubah yang terbuat dari emas murni 24 karat. Bangunan yang terletak di tengah taman yang asri ini mempunyai luas hampir 2 hektar lebih. Keseluruhan kawasan masjid ini dipagari dengan kisi-kisi besi dengan panjang kira-kira 1.082 km. Terdapat lima pintu masuk ke lokasi ini, disamping dua pintu khusus untuk keluarga kerajaan dan tamu negara. Masjid ini memiliki 4 menara yang masing-masing tingginya 189 kaki, dimana ada sekitar 297 anak tangga pada setiap menara tersebut. Melalui menara ini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar masjid dan juga pemandangan Bandar Seri Begawan dan Kampong Ayer.

5. Masjid Sultan Singapura

masjid_sultan_singapura

Tahun 1928, begitu mendapat uang dari Kongsi Dagang Inggris sebanyak SGD 3000, Sultan Singapura langsung merenovasi sebuah masjid yang ada di kawasan Little India. Perubahan antara lain juga dengan mengganti kubah lama dengan kubah emas. Masjid ini segera menjadi masjid terbesar di Singapura, dari sekitar 80-an masjid yang ada.

Lain halnya di Singapura. Seberapapun besar masjid dibangun di sini, tak 1 dB-pun bunyi adzan boleh dilantunkan. “Menganggu ketenangan,” kata seseorang. Meski muslim perlu pengingat sholat yang unik seperti adzan, tapi karena pemerintah tidak memahami esensi “adzan” maka adzan dilarang bunyi. Karena minoritas maka muslim di Singapura diam saja. Bergeming. Diam juga pilihan dan mereka membunyikan adzan lewat speaker dalam ruangan masjid saja: tak sampai keluar.

Satu-satunya (mungkin) masjid yang boleh membunyikan adzan adalah masjid Sultan di sekitar Arab Street. Masjid Sultan adalah masjid tertua kedua di Singapura dan dikategorikan national heritage. Oleh sebab itu, ia mendapat perkecualian.

6. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Brunei

masjid_sultan_omaralisaifuddin_brunei

Brunei memiliki 2 masjid yang berkubah emas. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah yang didirikan pertama kali. Mulai digunakan tahun 1958, masjid ini terletak di tengah danau buatan yang bersih. Kubahnya terbuat dari emas 24 karat. Biaya pembangunannya menghabiskan USD 5 juta. Pada zamannya, Masjid Sultan Omar Ali diperhitungkan sebagai salah satu bangunan terindah di dunia.

7. Masjid Dian Al Mahri di Depok, Indonesia

masjid_dianalmahri_depok_indonesia

Masjid dengan kubah emas yang terbaru adalah Masjid Dian Al Mahri yang letaknya di Depok, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Meruyung, Kelurahan Limo, Kecamatan Cinere, Depok. Masjid ini mulai di bangun pada tahun 1999, dan di resmikan pada bulan April tahun 2006. Masjid ini merupakan milik pribadi dari Hajjah (Hj) Dian Djurian Maimun Al-Rasyid,seorang pengusaha dari Serang, Banten dan pemilik Islamic Center Yayasan Dian Al-Mahri.

Masjid ini luas bangunannya mencapai 8.000 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 70 hektare. Secara umum, arsitektur masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen.

Halaman dalam berukuran 45 x 57 meter dan mampu menampung 8.000 jemaah. Enam menara (minaret) berbentuk segi enam, yang melambangkan rukun iman, menjulang setinggi 40 meter. Keenam menara itu dibalut batu granit abu-abu yang diimpor dari Italia dengan ornamen melingkar. Pada puncaknya terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat. Sedangkan kubahnya mengacu pada bentuk kubah yang banyak digunakan masjid-masjid di Persia dan India. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari Italia.

Pada bagian interiornya, ada pilar-pilar kokoh yang menjulang tinggi guna menciptakan skala ruang yang agung. Ruang masjid didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem. Materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia. Di tengah ruang, tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton, yang pengerjaannya digarap ahli dari Italia.

Di sekitar masjid dibuat taman dengan penataan yang apik dan detail. Selain taman, juga dibangun rumah tinggal sang pendiri masjid dan gedung serbaguna yang menjadi tempat istirahat para pengunjung .Sedangkan untuk parkir, disiapkan lahan seluas 7.000 meter persegi yang mampu menampung kendaraan 300 bus atau 1.400 kendaraan kecil.

Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah, dapat digunakan angkutan umum dari terminal depok ( nomor 03) yang menuju parung bingung. Dari sini bisa menggunakan ojek menuju jalan Meruyung.

Sumbar/Referensi :
http://liburan.info/content/view/699/43/lang,indonesian/

Baca juga “15 Masjid Terbesar di Dunia” klik disini

About these ads

28 Balasan ke 7 Masjid Indah Bekubah Emas di Dunia

  1. Lahore mengatakan:

    ALLAH o AKbar

  2. as_salaf mengatakan:

    kalau jama’ahnya g semegah bangunannya, percuma dong mesjidnya dipermegah…
    padahal yang utama adlah jama’ahnya

  3. zulfikri mengatakan:

    Yaa, benar sekali, tapi kita berharap dan bedoa semoga dengan masjid yang megah ini dapat mendorong umat untuk datang memakmurkannya dan pada gilirannya akan dapat mewujudkan umat yang bertaqwa, amiin ya rabbal ‘alamin

  4. muad mengatakan:

    subhanallah indahnya….

    kapan yah bisa kesana :p
    ke depok aja sy lom pernah
    ingin rasanya berjamaah disana :((

  5. arief mengatakan:

    masjid memang harus megah dan indah agar para jamaahnya merasa bangga dan khusuk serta giat untuk melaksanakan ibadah, Allahuakbar

  6. ukty 3ma mengatakan:

    asw……………. subhanaAllah ya ,,indah ya,,,,,,,,,, kapan ya qt bs jamaah disana ,,,,,,,,,,,,,,,,,, dan melhat a lbih dekat ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,…………

  7. Andhi Irawan mengatakan:

    infonya bagus.

  8. beni baihaqi mengatakan:

    Assalamualaikum, nama ana beni, ana selalu merasa kurang apabila ana pergi kesuatu tempaa tanpa singgah disebuah mesjidnya dan shalat didalamnya. ana jadi kepingin pergi kerumah Allah yang ada diseluruh dunia ini. Doain ya!!!!

  9. zulfikri mengatakan:

    Amiin ya rabbal alamin

  10. anik mengatakan:

    assalamualaikum.. subhanAlloh….bner2 menajubkan….kapan ya Q bs sholat berjama’ah disana….dan bs menikmati……….suasana yg sejuk en indah…..semoga Alloh mengabulkan permintaan Q….untuk…berjama’ah disana…..amin…..3x

  11. EggShell Art mengatakan:

    asw……………. subhanaAllah ya ,,indah ya,,,,,,,,,, kapan ya qt bs jamaah disana ,,,,,,,,,,,,,,,,,, dan melhat a lbih dekat ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,…………

  12. ASSALAMU’ALAIKUM WW. SALUT. DARI YANG LAHIR – AKAN DAPAT TERCERMIN YANG BATIN. UMMAT ISLAM HRS GAGAH DAN INDAH SEGAGAH DAN SEINDAH BANGUNAN FISIK MASJIDNYA. BUKANKAH ALLAH MENCINTAI YANG GAGAH DAN INDAH. WASSALAM.

  13. luluk mengatakan:

    asyik….banget wkt aku kesana

  14. ASSALAMU’ALAIKUM.
    WAHAI SAUDARAKU YANG BUDIMAN. MASJID YANG INDAH ITU KINI TERUSIK DENGAN NAFSU SEBAGIAN ORANG SEHINGGA SHAF-SHAF MASJID BERUBAH TIDAK SIMITRIS DENGAN BANGUNAN FISIK MASJIDNYA. TAMPAK DAN TERASA TIDAK INDAH LAGI. KONON DI INDONESIA SUDAH 320.000 MASJID YANG (MENGIKUTI) NAFSU ITU UNTUK MERUBAH ARAH QIBLATNYA DARI SEMULA. KONON KHABARNYA, AKIBAT DARI LEMPENG BUMI YANG BERGESER DISEBABKAN GEMPA DAN SUNAMI.
    SEMOGA TIDAK MEMBUAT RESAH KAUM MUSLIMIN YANG TEKAN DALAM MENEGAKKAN SHALAT YANG INDAH ITU. WASSALAM.

  15. Reza Yulia F mengatakan:

    Assalamualaikum…
    Subhanallah,indah sekali rmh Tuhan..Buatan manusia sdh m’bwt saya t’pana,apalagi karya Tuhan disurga sna..Smoga qta bs m’cicipinya amin ya rabbal alamin..
    Ingin skali mnikmati ibadah disna..

  16. M.Aan Syamsuz Zaman mengatakan:

    PESONA SURGAWI…SUBHANALLAH…

  17. deni mengatakan:

    dahsyat banget dech… ke masjid dian al-mahri tu.
    apa lagi langsung ke palestina langsung di bommm…
    subhanallah… engkau memang tuhan ku yang amat besar..

  18. Rizki Mirdani mengatakan:

    Assalamualaikum Wr Wb..

    Realita yang terjadi saat ini di Sumatera barat pasca gempa 7,9 S.R adalah Anak-anak sudah tidak mengaji karena tempat mengaji mereka
    sudah runtuh, Sholat Jumat pun dilakukan di tenda darurat/pondok bedeng/tanah lapang yang jika hujan berbasah-basahlah jamaah semua dan
    yang lebih menyedihkan adzan tidak pernah terdengar lagi pasca gempa praktis sholat jamaah pun tidak pernah ada lagi karena surau mereka
    sudah luluh lantak sejak 8 (delapan) bulan lalu.

    Kita tentu sangat mengkhawatirkan kondisi ini sehingga percepatan pembangunan kembali sarana ibadah ini sudah sangat mendesak dan tak
    bisa ditawar lagi karena jumlah rumah ibadah yang runtuh dan rusak mencapai ribuan unit.

    Penegasan Kementerian Agama R.I bahwa pemerintah tidak menyediakan dana/anggaran pada APBN untuk pembangunan kembali infrastruktur sarana peribadatan pasca gempa bumi 7,9 SR yang melanda Ranah Minang akhir tahun lalu menyentakan kita semua. Begitu pula APBD
    Provinsi/Kabupaten/Kota di Sumatera Barat tidak menyisihkan dana untuk membangun kembali Mesjid/Mushalla/Surau/TPA/MDA yang runtuh dan rusak pasca gempa tsb

    Insya ALLAH Sesuai perencanaan yang telah disusun Komite Pelaksana Refungsionalisasi & Rehabilitasi Surau (KPRRS) yang didirikan
    menfokuskan diri memperbaiki sarana infrastruktur peribadatan untuk tahap I akan memperbaiki 180 Mesjid, 897 Mushala/Surau, 89 TPA-TPSA/
    MDA yang roboh akibat gempa 7,9 SR di Padang Pariaman, Pariaman & Agam, Provinsi Sumatera Barat, Republik Indonesia. Untuk itu mohon
    dukungan dalam segala bentuk untuk seluruh dunsanak kami baik di ranah maupun di perantauan di saentero dunia moril dan materil serta
    menyampaikan informasi ini kepada ummat muslim lainnya diseluruh saetero dunia

    Donasi Zakat, Infaq dan sedekah untuk membangun kembali infrastruktur dan prasarana ibadah pasca gempa 7,9 SR dapat disalurkan ke nomor
    rekening:

    a) No Rekening 7100 0220 0660 51, Bank Nagari Syariah (BPD Sumbar) Cabang Syariah Padang;

    b) No Rekening 2760 009 374, Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Pariaman;

    c) No Rekening 0189 141 311, BNI Syariah Cabang Padang Syariah;

    d) No Rekening 00009 0156 0000 160, Bank BTN Cabang Padang.

    Kami juga menerima bantuan berupa Al Quran, Perlengkapan Sholat, Iqro, Buku perlengkapan anak mengaji dll yang akan kami salurkan ke
    Mesjid/Mushalla/Surau/TPA/TPSA/MDA yang membutuhkan dan dapat dikirimkan ke alamat sekretariat KPRRS di Pariaman Sumatera barat

    -Profil K.P.R.R.S-

    a. Nama Lembaga : KOMITE PELAKSANA REFUNGSIONALISASI DAN REHABILITASI SURAU

    b. Nama Singkatan : KPRRS

    c. Tanggal Berdiri : 9 Oktober 2009 Masehi/19 Syawal 1430 Hijriah

    d. Akta Pendirian
    1. Nomor Akta : 59
    2. Tanggal : 1 Desember 2009
    3. Nama Notaris : Rina Meilani, SH

    e. Tanda Terdaftar
    1. Nomor : 005/KPL/I-2010
    2. Instansi : Badan Kesbangpol dan Linmas
    3. Masa Berlaku Izin : 19 Januari 2012

    f. Surat Keterangan Domisili : 17/KG-PDS/SKD/I/2010

    g. NPWP : 02.998.021.6.201.000

    h. Alamat Sekretariat KPRRS :
    Jalan Nan Tongga Blok A Nomor 5 Desa Kampung Gadang Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat – Republik
    Indonesia 25523
    Telepon: (0751) 8276781, (0751) 9826781, 081363078890, 08197511300
    http://www.kprrs.blogspot.com

    Wassalam

    Rizki M Sikumbang
    Presiden KPRRS

  19. Ust Zulfikri Yg saya banggakan.
    Mohon maaf saya beberapa saat belakangan ini tdk aktif kirim artikel ke media kita karena kesibukan dan teknis saja.
    Alhamdulillah ini ada waktu, saya kemarin udah kirim beberapa artikel ke http://enewsletterdisdik.wordpress.com semoga bermanfaat.
    wassalam
    H. Athor Subroto.

  20. nuri mengatakan:

    sekedar sharing saya, bahwa Masjid Qubbah As Sakhrah / Dome of the Rock di Yerusalem, Palestina adalah masjid yang dibangun oleh bangsa yahudi untuk mengecohkan kaum muslim akan keberadaan masjid al-aqsa yang sebenarnya. Banyak media barat dan elaktronik yang mengklaim bahwa mashi Qubbah as sakhrah adalah masjid al aqsa. padahal sebenarnya bukan, hanya kebetulan masjid qubbah as sakhrah dan masjid al aqsa (yang asli) berada dalam wilayah yang hampir berdekatan.

  21. zulfikri mengatakan:

    Benar Sdr. Nuri, berikut tambahan tentang sejarah kedua masjid Al Aqsa dan Dome of The Rock, sbb:

    Gbr. 1 Masjidil Aqsa

    Gbr. 2 Dome of Rock

    Masjidil Aqsha/Aqsa adalah masjid ketiga yang terpenting milik umat Islam, begitu pentingnya karena menjadi saksi peng-Isra Mi’raj-an nabi Muhammad SAW untuk mendapat perintah salat 5 waktu dari Allah SWT. Namun demikian banyak dari kalangan umat muslim sendiri benar2 tidak tahu apa itu Masjid Aqsa, letaknya, riwayat dan lain sebagainya.

    Masjidil Aqsa Yang berkubah Hijau

    Kita praktis hanya tahu kedudukan Al Aqsa sebagai kiblat pertama umat Islam, masjid ketiga yang dimuliakan Rasul dan juga sebagai saksi perjalanan Isra Mi’raj. Banyak kekurang pemahaman kita dijadikan ladang yang subur bagi para kaum orientalis dan salibis untuk menggasak keyakinan umat muslim lewat penggugatan Masjidil Aqsa sebagai salah satu masjid terpenting dalam sejarah umat Islam.

    Pada masa Khalifah Umar Bin Abi Thalib, pasukan Islam berhasil menaklukan Jerusalem. pemimpin Umat Kristen Palestina waktu itu Uskup Agung Severinus (Snaifore) menyatakan hanya akan membuka pintu Jerusalem pada Khalifah Umar sebagai jaminan pasukan Muslim tidak akan membantai rakyat Yerusalem seperti yang dilakukan pasukan Nebucadnezzar dan Constantin Agung. Sang Uskup mempersilahkan Umar Bin Khatab untuk sholat di dalam “Rumah Allah”. Sejak saat itu terjadi perjanjian damai antar pemeluk umat dibawah perlindungan hukum Islam. Umar Bin Khatab sempat berdoa di atas sebuah batu yang menjadi titik Pe-Mi’raj-an Nabi ke langit ke tujuh.

    Di masa pemerintahan Umar inilah dimulai pembangunan Masjidil Aqsa yang baru usai di masa pemerintahan Khalifah Walid.

    Pertanyaan kaum salibis pada umat muslim adalah jika Masjidil Aqsa dibangun pada masa Umar bin Khatab berarti telah terjadi kejadian mustahil terhadap eksistensi Isra Miraj yang menggambarkan Nabi Sholat dengan ribuan Nabi dan Malaikat di Masjidil Aqsa dan berarti Perintah Sholat 5 waktu sama sekali tidak pernah disampaikan.

    Nah bagaimana anda menyatakan kebenaran ini?

    Sesungguhnya di dalam Islam kata Masjid berasal dari kata Sujud dan Sajadah. Jadi yang dimaksud masjid adalah rumat tempat manusia bersujud meninggikan Tuhan Yang Esa misalnya dalam Quran 2:125, 3;43, 2;58,3;113,4;154,38;24

    Bahkan dalam Kisah Ashabuul Kahfi La nat Takhnzanna alaihim masjida
    “sesungguhnya kami mendirikan masjid ditempat mereka itu”18;21

    Sedangkan kisah Ashabul Kahfi terjadi jauh sebelum ke-Nabian Muhammad. Jadi yang dimaksud Masjid adalah tempat manusia2 beriman bersujud men-Tauhid-kan Allah SWT, bukankah dalam Quran dan Bibel dikisahkan Ibrahim membangun Ka’bah sebagai Baitullah? Ibrahim dan Ismail tidak mendirikan Masjidil Haram seperti sekarang, bahkan di masa Kabilah Quraisy banyak sekali bertebaran patung2 sesembahan di sekitar Kabah. Oleh sebab itu Istilah Masjidil Aqsa tidak dimaksudkan sebagai bentuk Masjid dalam bentuk jadi setelah dibangun Khalifah Umar. Namun mengacu pada Baitul Maqdis yang juga dibangun Ibrahim pasca kepulangannya dari Makkah ke Yerusalem. Kata Masjid dalam kajian2 Kitab2 terdahulu memiliki makna tempat bersujud, dalam artian luas, sedangkan di zaman Nabi pembangunan masjid masjid di kota yang ditaklukan tentara muslim mengakibatkan kata tersebut mengalami persempitan makna menjadi Bangunan yang digunakan sebagai tempat bersujud bagi umat Muslim saja.

    Dalam sebuah hadist shahih bukhari:
    “Volumn 004, Book 055, Hadith Number 636.
    Narated By Abu Dhaar : I said, “O Allah’s Apostle! Which mosque was built first?” He replied, “Al-Masjid-ul-Haram.” I asked, “Which (was built) next?” He replied, “Al-Masjid-ul-Aqs-a (i.e. Jerusalem).” I asked, “What was the period in between them?” He replied, “Forty (years).” He then added, “Wherever the time for the prayer comes upon you, perform the prayer, for all the earth is a place of worshipping for you.””

    Masjid yang dibangun pertama kali adalah Masjidil Haram (Kabah) dan masjid kedua setelahnya bernama Masjidil Aqsa (BaitulMaqdis/Rumah yang suci). Al Aqsa sendiri berarti tempat yang sangat jauh. Disebut demikian untuk menggambarkan jarak antara Masjidil Aqsa dengan Masjid pertama yaitu Ka’bah. Rentang waktu yang terjadi antara pembangunan Masjidil Haram dengan Masjidil Aqsa yaitu selama 40 tahun adalah rentang pembangunan yang dilakukan Ibrahim AS sejak mendirikan Rumah pertama Allah, sedangkan ahli tafsir sabilis mempercayai yang dimaksud Al Aqsa yang dibangun di masa Umar sehingga tidak hanya memiliki selisih 40 tahun tapi lebih dari ribuan tahun lamanya.

    Dalam Hadits lain yang diriwayatkan Bukhari tentang Isra Mi’raj disebutkan:
    “kaum Quraisy menanyakan padaku tentang perjalanan Isra, aku ditanya tentang hal hal di Baitul Maqdis, tidak dapat aku menerangkannya sampai2 aku bimbang. Tatkala kaum Quraisy mendustakanku, Aku berdiri di Hijr lalu Allah SWT menggambarkan dimukaku keadaan Baitul Maqdis dan tanda2nya hingga aku mampu menerangkan seluruh keadaan”

    Baitul Maqdis adalah sebutan bagi Al Aqsa dan lingkungan sekitarnya di masa itu, dengan demikianlah Nabi mampu menjelaskan keadaan Baitul Maqdis yang tidak dapat dibantah lagi oleh Pedagang2 Quraisy yang pernah singgah di Baitul Maqdis.

    Menurut History of Al Aqsa Mosque karya Kais Al Khalby, Al Aqsa inilah Masjid yang dibangun Ibrahim untuk digunakan sebagai tempat bersujud bagi beliau, Siti Sarah, Nabi Ishak dan anak turunnya yang menghuni Yerusalem. Disebut juga sebagai Baitul Maqdis/Beteyel/Holy Shrine. Pasca kelaparan di era Nabi Yusuf, keluarga Yakub meninggalkan Baitul Maqdis untuk mengadu peruntungan di Mesir, dan meninggalkan urusan rumah Tuhan kepada suku asli Yerusalem yang kemudian dikenal sebagai suku Filistin. Hampir 400 tahun sejak loss connection antara bangsa Israel dengan Baitul Maqdis dan orang2 Palestina. Sampai Musa menyelamatkan mereka dari perbudakan Fir’aun dan membawa mereka ke tanah yang dijanjikan. Di masa Nabi Sulaiman inilah dibangun sebuah “Masjid” lagi untuk menyembah Tuhan yang mereka sebut sebagai Haikal Sulaiman. Mengingat tempatnya yang lagi2 bertempat di Baitul Maqdis sangat mungkin jika Haikal Sulaiman sendiri adalah pemugaran terhadap Masjidil Aqsa yang dibuat Ibrahim AS.

    Gbr 3. Masjidil Aqsa disebut-sebut berada di atas puing Haikal Sulaiman

    Kekalahan orang Israel dari Nebucadnezzar dan Constantin yang meluluhlantakkan Haikal Sulaiman. Ada pendapat yang menyebutkan bahwa setelah itu dibangun Rumah Allah (gereja) yang ditempati Uskup Severinus, namun ada pula yang menyebutkan luluh lantak hingga digunakan saat Isra Miraj. Di masa Penaklukan Yerusalem oleh Tentara Muslim inilah Khalifah Umar memutuskan untuk membangun kembali Al Aqsa untuk membangkitkan ke-Tauhid-an yang diajarkan Ibrahim AS dan Muhammad SAW.

    Pembangunan dilakukan dari tahun 691 M – 715 M yaitu selesai di masa Khalifah Walid, sedangkan batu tempat Nabi melakukan Mi’raj dan tempat umar berdoa di atasnya diabadikan sebagai Masjid Umar/Masjid kubah batu/Dome of The Rock yang kita kenal sekarang dengan kubah emasnya yang baru dibangun di masa pemerintahan Khalifah Marwan (bukan oleh golongan Yahudi untuk mengkamuflase Al Aqsa; dalam kasus menggunakannya sebagai kamuflase memang benar namun Yahudi tidak pernah membangunnya). Kompleks ini kemudian disebut sebagai Haram Al Syarif (The Noble Sanctuary) yang dimuliakan oleh Umat Islam di seluruh dunia.

    Gbr 4. Letak Al Aqsa dengan Dome of The Rock berdekatan

    Gbr 5. Denah Haram Al Syarif tahun 1974 dari Majalah Saudi Aramco

    Mitos Batu terbang di lingkungan Haram Al Syariff.

    Gbr 6 Batu Terbang (yang dimitoskan)

    Gbr 7. Batu terbang (Sebenarnya)

    Beberapa bulan lalu terjadi peristiwa unik yang terjadi di Al Aqsa yaitu batu yang berada di kompleks Haram AlSyarif tertangkap kamera “sedang terbang”. Konon peristiwa unik ini dikaitkan sebagai batu terbang yang dimitoskan sebagai kendaraan Nabi Muhammad menjalani Isra Mi’raj (Buraq) dan dikabarkan sampai saat ini masih terbang rendah di dekat Masjidil Aqsa, namun rupanya klaim tersebut palsu karena batu tersebut ternyata memiliki sanggaan dan tidak terbang dalam arti sebenarnya hanya terlihat hampir tidak berpijak ditanah dari salah satu sudut. Sedangkan titik tempat Nabi Muhammad ber Miraj kini telah dibangun menjadi Dome of The Rock.

    Gbr 8 Interior Masjidil Aqsa

    Sumber:
    http://www.ruangmuslim.com/

  22. nana mengatakan:

    baguuuuus banget yayaaayaa pengen ke situ tau

  23. hari mengatakan:

    MASJIDNYA BAGUS BANGET JD PENGEN KE SANA

  24. Drs. H. Athor Subroto, M. Si mengatakan:

    Assalamu’alaikum ww.
    Ustd Zulfikri yg saya hormati. Bgm khabar ? Saya berkunjung berkali-kali ke Enewsletterdisdik kok tdk pernah bertemu. Tentu ada kesibukan lain yg sangat penting.
    Semoga kunjungan saya ini menjadi media penyambung silaturrahim kita.
    Demikian, mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalam
    Hormat kami

    H. Athor Subroto

  25. zulfikri mengatakan:

    Wa’alaikumussalam, wr. wbr.
    Ustadz Athor Subroto yth, Alhamdulillah sampai saat ini saya beserta keluarga masih diberi kenikmatan sehat oleh Allah SWT, begitu juga ustadz Athor Subroto beserta keluarga serta muslimin dan muslimat hendaknya, amin, amin yarabbal ‘alamin..!!!

    Saya memang jarang berkomentar di weblog e-Newsletter Disdik tsb, tapi tetap secara teratur mengunjunginya.
    Jika ustadz ingin berkomunikasi langsung degan pembaca atau komunitas e-Newsletter Disdik (komunitas pendidik, tenaga kependidikan dan pemerhati pendidikan di Indonesia) di dunia maya, silahkan ustadz bergabung di mailinglist “pakguruonline”, klik: http://groups.yahoo.com/group/pakguruonline/
    Atau ustdz juga dapat bergabung di group “GURU Online on Facebook”, klik: http://www.facebook.com/#!/groups/103297004492/

    Wassalam,

  26. Maryani_s mengatakan:

    Subhanallah….tiada yg lbh indah selain Allah Yang Menguasai sekalian alam. Aman dan tenteram rasanya melihat keindahan yg tercipta krn cinta anak manusia kpd Allah Sang Pencipta…..amin. Mengapa aku ingiin sekali ke sana…melihat dan merasakan indahnya angin dan alunan merdu suara orang mengaji..

  27. Riski mengatakan:

    Subhanallah indah @,rasa@ sangad ingin bisa shalad jamaah di mesjid yg indah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: