Perluasan Masjidil Haram sd 2010

———

Final Look

Master Plan

Construction

Saksikan tayangan video berikut (Proposal Masjidil Haram 2020, by ATKINS) :

Silahkan dilihat tahapan konstruksinya sampai saat ini pada google maps [klik disini]

Belasan ribu bangunan hotel, rumah, toko, dan kantor, yang dulu memenuhi sisi barat daya hingga utara Masjidil Haram, kini nyaris rata dengan tanah. Suasana di lokasi seluas 230.000 meter persegi itu awut-awutan. Persis seperti zona perang. Bukit-bukit reruntuhan bangunan menyembul sepanjang tebaran mata. Beberapa gedung masih tegak berdiri, tapi nyaris tanpa dinding.

Ratusan truk, buldozer, dan crane milik kontraktor Saudi bin Laden terlihat hilir mudik. Sedangkan mesin-mesin pengungkit raksasa menjulang di angkasa, di sekeliling bangunan dan menara Masjidil Haram yang terbungkus kerangka besi. Semua ini membuat tampilan anggun masjid terluas di dunia itu seperti dalam kartu pos sama sekali tak terlihat.

Renovasi besar-besaran itu mulai berderap Mei lalu atas perintah Abdullah, selaku Penjaga Dua Kota Suci (Khadimul Haramain). Raja Abdullah ingin menambah 35% kapasitas Masjidil Haram. Pada saat ini, masjid seluas 356.000 meter persegi itu mampu menampung hingga 2 juta jamaah di dalam dan di halaman.

Proyek pengembangan keempat itu bisa dibilang yang terbesar. Menurut data dari Kementerian Urusan Kota dan Desa, yang dipublikasikan kantor berita KPA, Pemerintah Arab Saudi akan memperluas halaman masjid, membangun tempat parkir, dan memperluas lokasi sa’i antara Bukit Shafa dan Marwah menjadi tiga tingkat.

Pembangunan intensif juga terjadi di Mina, Musdalifah, dan Arafah, yang menjadi rangkaian tempat pelaksanaan ibadah haji. Tempat pelemparan jumrah ditata ulang demi keamanan jamaah. Jaringan transportasi subway juga akan dibangun mulai seputar Masjidil Haram hingga Arafah.

Proyek yang diperkirakan baru tuntas tahun 2020 itu bakal menyerap dana hingga US$ 100 milyar (Rp 920 trilyun). Gelontoran dana superbanyak ini mencakup pembangunan gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan, apartemen, dan hotel-hotel baru di Mekkah.

Sumber pendanaannya beragam, dari asing hingga dana internal Saudi yang tengah menikmati berkah melambungnya harga minyak dunia, yang nyaris menyentuh US$ 150 per barel. Meski proyek itu tergolong amat besar, para investor sama sekali tak ragu menanamkan modalnya. “Bagi mereka, tempat ini adalah safe haven yang menjanjikan keuntungan besar. Musim haji dan umrah rutin berjalan tiap tahun, dengan jumlah muslim dunia yang terus bertambah,” kata Imad Awad, Head of Equity Capital Markets NBD Investment Bank.

Setiap tahun, jumlah jamaah haji mencapai 4 juta orang, plus belasan juta jamaah umrah. Selama lima tahun mendatang, jumlahnya meningkat hingga 10% setiap tahun. Data Kadin Mekkah menyebutkan, tahun lalu, belanja para jamaah haji dan umrah mencapai 10 milyar riyal (Rp 25 trilyun) di Mekkah saja.

Kehadiran 15-an juta jamaah itu tentu saja membutuhkan akomodasi tempat tinggal serta kesempatan beribadah yang nyaman dan memadai. Inilah salah satu landasan utama Raja Abdullah menggelar renovasi dan perluasan Masjidil Haram dan seluruh lokasi ibadah haji lainnya. Menurut Fahas bin Al-Jarboa, Wakil Sekretaris Jenderal Supreme Commission for Tourism in Saudi Arabia, megaproyek itu bakal mengubah seluruh kawasan seputar Masjidil Haram. “Kami berharap, ini juga akan mengubah Mekkah secara dramatis,” kata Fahas.

Dramatis, karena pembersihan kawasan sekitar Masjidil Haram tak segan meruntuhkan bangunan megah hotel bintang lima dan empat sekalipun. Mulai Hotel Sheraton, Hotel Sofitel, Hotel Qurtuba, Hotel Zahret, Hotel Darkum, Hotel Talal, Hotel Firdaus Umrah, hingga Hotel Firdaus Mekkah, semuanya akan diratakan dengan tanah. Hotel-hotel ini, bersama bangunan perumahan lainnya, masuk areal seluas 587.250 meter persegi di seluruh Mekkah yang harus ditata ulang.

Jika ditotal, renovasi Masjidil Haram dan kota Mekkah dijalankan lewat 973 proyek baru. Terbagi menjadi beberapa wilayah, seperti 85 proyek di wilayah Syamiyah yang terletak di sisi barat laut hingga utara Masjidil Haram. Kawasan ini akan dipenuhi hotel bintang lima, pertokoan, pusat perbelanjaan, dan restoran.

Di sisi barat Masjidil Haram yang meliputi kawasan Jabal Umar dan Jabal Ka’bah dibangun hal serupa. Plus stasiun kereta api induk, areal parkir yang mampu memuat 12.000 mobil, pasar, dan fasilitas umum lainnya. Sebuah terowongan sepanjang 1.000 meter akan dibangun menembus Jabal Umar dan menyambung ke Jalan Ummul Qura.

Di sisi tenggara dan selatan, yang mencakup kawasan Jabal Khandama, dibangun hunian untuk menampung 240.000 orang. Salah satu proyek terbesar di kawasan ini adalah Abraj al-Bait. Proyek pembangunan tujuh menara pencakar langit ini selesai tahun depan dan sanggup menampung 65.000 orang. Di kawasan ini juga dibuat jalur pejalan kaki menuju Masjidil Haram, yang terhubung dengan dua jalan utama.

Meski perombakan besar-besaran kali ini diiringi dengan pembangunan fasilitas angkutan massal dan pelayanan publik lainnya, bagi sebagian ahli sejarah dan tata kota, perubahannya terlalu besar. Salah satu pihak yang keberatan adalah Sami Angawi, arsitek dan pendiri Centre for the Custodian of the two Holy Mosques Institute for Hajj Research. Sami menilai, mereka tengah menyaksikan detik-detik terakhir Mekkah tampak seperti pada saat diciptakan Tuhan dengan lanskap dan gunung-gunungnya.

Pemerintah Saudi ingin meratakan gunung-gunung di Mekkah supaya lebih banyak lahan datar. “Mestinya lanskap kota Mekkah tradisional tetap dipertahankan. Jangan hanya memikirkan bagaimana menampung sebanyak mungkin orang dan seberapa banyak uang yang bisa diperoleh,” ujar Sami.

Beberapa pihak lain menyayangkan pembangunan gedung pencakar langit di sekitar Masjidil Haram itu. Sebab gedung pencakar langit itu akan menutupi pandangan dari Ka’bah dan landmark di sekelilingnya. Kondisi ini akan menghilangkan keseimbangan letak Masjidil Haram, yang secara filosofis dipandang sebagai contoh pusat keseimbangan dunia. “Alasan mereka bisa dipahami. Tapi, di sisi lain, kita butuh tempat untuk menampung jamaah,” kata Lahem al-Nasser, seorang ahli perbankan Islam yang mendukung megaproyek perluasan Masjidil Haram itu.

Megaproyek ini juga memicu kenaikan harga properti di Mekkah. Kini harga tanah mencapai 250.000 riyal (Rp 625 juta) per meter persegi di kawasan sekitar Masjidil Haram. Nyaris dua kali lipat dari harga tanah di Monako, negara yang selama ini memiliki kawasan real estate paling mahal menurut data Global Property Guide. “Malah para pengembang mengira, harga tanah akan naik empat kali lipat hingga 1 juta riyal (Rp 2,5 milyar) per meter,” ujar Imad Awad. Harga tanah yang paling mahal ini terletak di area yang bisa melihat langsung pemandangan Ka’bah [Gatra Printed Edition]

About these ads

33 Balasan ke Perluasan Masjidil Haram sd 2010

  1. putu rocky arcony mengatakan:

    Ass Wr Wb,
    Jazakumullah khoiron katsira, semoga informasi ini
    dapat menambah semangat kita untuk selalu melihat
    perkembangan Masjidil Haram dan sekaligus rindu dapat
    sujud di depan Ka’abah, amin

  2. zulfikri mengatakan:

    Wa’alakumussalam, wr. wbr.

    Terima kasih atas kunjungan Anda di weblog ini,
    Selanjutnya saya doakan semoga kerinduan Anda dapat bersujud kepada Allah SWT. di hadapan Ka’bah di Masjidil Haram dapat dikabulkan oleh Allah SWT segera, amiin yaa rabbal ‘alamiin.

  3. mzarkasyi mengatakan:

    mudah2an dengan renovasi masjidil haran menjadi maslahat bagi umat islam, karena masji alharamain adalah milik umat islam bukan milik keluarga su’ud sang wahaby yang dengan sekarepe dewe’ merubah batas sa’i. cuma ada yang hilang….. suasana zaman nabi, suasana sahabat, tidak ada mujahadah lagi……

  4. zulfikri mengatakan:

    Amin yaa rabbal ‘alamin,

    Kenapa ya mengenai wahabi ?, menurut sepengetahuan saya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab adalah ulama yang menyingkap kebodohan kebodohan orang jahil dan mubtadi’ Beliau bangun kembali tiang-tiang agama sesuai Al-Qur’an dan Sunnah, dan menghancurkan kuburan-kuburan keramat yang membuat manusia sesat, seperti takhayul, bidah dan khurafat (silahkan baca) di:

    http://www.almanhaj.or.id/content/1736/slash/0

    http://www.almanhaj.or.id/content/1737/slash/0

    Dan kiranya tidak mungkin lagi mempertahankan tempat-tempat pelaksanaan rukun haji dipertahankan seperti pada suasana Nabi pada masanya dahulu, karena jumlah jemaah yang melaksanakan haji sangat banyak. Kalau ini dipertahan maka alangkah sulitnya dan banyak jemaah yang mendapat kecelakaan dalam melaksanakan ibadah haji.

  5. idris mawardi cip jaya jkt mengatakan:

    YAA ALLOH , AKU RINDU KA’BAH MU SAYA INGIN SETIAP TAHUN KETEMPAT SUCI TSB , BANGUNAN DAN LAINNYA HANYA PASILITAS UNTUK MENDEKATI DIRIMU, AKU DEKAT ENGKAU DEKAT,DOA KAN BIAR AKU KESANA LAGI , AMIEN

  6. zulfikri mengatakan:

    Semoga niat Pak Idris dikabulkan oleh Allah SWT, amin ya rabbal ‘alamin

  7. yayat ruhiyat mengatakan:

    Ya Allah.. izinkanlah hambamu yang hina ini untuk datang lagi ke mekkah

  8. Gito Bantas mengatakan:

    Saya sependapat terhadap pemikiran beberapa orang tentang kekhawatiran dampak pembangunan mega project Makkah yg dilakukan Raja Saudi sekarang ini.
    Janganlah sampai pembangunan fisik Makkah disekitar Masjidil Haram mengubah motive para jamaah yg mengunjungi Makkah dari mencari Ridho Allah berubah menjadi mencari kenikmatan duniawi belaka melalui fasilitas2 duniawi hotel2 dan mall2 yg ditawarkan disana.

  9. AGUS mengatakan:

    SEMOGA KAMI DAPAT BERSUJUD DIHADAPAN ALLAH SWT KEMBALI DI DEPAN KA’BAH. YA ALLAH AKU RINDU DENGAN PANGGILAN-MU YA ALLAH. LABBAIKALLAHUMMA LABBAIK LABBAIKA LAA SYARIKALAKA LABAIK.

  10. zulfikri mengatakan:

    Amiin, amiin, amiin ya rabbal alamiin, perkenankanlah doa Pak Agus ini ya Allah !

  11. iqbal mengatakan:

    Mudah-mudahan Allah memberikan pahala yang banyak terhadap khadim al haramain Raja Abdullah Alu Saud atas perluasan masjidil Haram.Allah yubarik

  12. A. Syafiq AS mengatakan:

    Ya Allah alangkah besar kekuasaanmu, alangkah besar luas rahmatmu, alangkah indah kakbahmu, semoga aku ditakdirkan untuk sampai lagi didekat kakbahmu mencium hajar aswadmu, berdoa di multazammu, bersujud di hijir ismailmu, amin amin amin

  13. Ruly Suhasmi mengatakan:

    YAA ALLAH… BERIKANLAH KAMI ILMU YANG BERMANFAAT, LUASKANLAH REZEKI KAMI, BERIKANLAH KAMI KESEHATAN YANG BAIK DAN HILANGKAN PENYAKIT DAN RASA SAKIT YANG ADA DI DALAM TUBUH KAMI, KABULKANLAH DOA KAMI, AMIN.

  14. cevy mengatakan:

    ya haram…kerinduan bgtu mencengkram hati untuk b ersujud di hijir ismail ,berdoa di multadjam….dan di tiap susdut rmhmu yg pnh berkah…izin kan kmi u kmbali hadir dirumah mu ya allh,…

  15. cevy mengatakan:

    ya allah…kerinduan bgtu mencengkram hati untuk b ersujud di hijir ismail ,berdoa di multadjam….dan di tiap susdut rmhmu yg pnh berkah…izin kan kmi u kmbali hadir dirumah mu ya allah,…

  16. zulfikri mengatakan:

    Amin yaa rabbal ‘alamin, yaa Allah kabulkanlah doa sdr Cevy, amiin

  17. abusaffanah mengatakan:

    Assalamualaikum ya akhi,…
    apa pak Zulfikri tau siapa developernya disana,…adakah perusahaan indonesia yang dapat pekerjaan konstruksi disana,..? atau alamat/perusahaan2 yang terlibat dalam pembangunan di mecaa dan madinah,..jazakallah khoiron

  18. zulfikri mengatakan:

    Waalaikumussalam, wr. wbr.
    Pak Abusaffanah Ysh, saya belum tahu apakah ada atau tidak perusahaan kita terlibat dalam pekerjaan perluasan Masjidil Haram di Mekkah saat ini.

  19. zulfikriDotCom mengatakan:

    Pak Zulfikri,

    Artikel yang menarik bagi informasi pembangunan Kota Makkah.

    Semoga bisa berkunjung dengan famili ke Kota Suci ini.

    Terima kasih.

    zulfikri

  20. zulfikri mengatakan:

    Terima kasih kembali Pak Zulfikri di Malaysia, kebetulan sekali kita senama (satu nama).

    Saya doakan semoga Anda bersama keluarga dapat berkunjung ke Kota Nabi (Makkah) dan menunaikan ibadah haji, amiin

    Wassalam,
    Zulfikri
    di Indonesia.

  21. ZulfikriDotCom mengatakan:

    Iya Pak Zulfikri,

    Rupa-rupanya ramai sekali yang berkongsi nama yang sama di Indonesia dan Malaysia.

    Saya doakan juga moga-moga Pak Zulfikri di Indonesia akan dapat berkunjung lagi ke Tanah Suci jika sudah pernah pergi dan juga kepada semua yang berkongsi nama zulfikri sama-sama mencapai kejayaan di dunia dan akhirat.

    Jumpa lagi!

    zulfikri
    Malaysia

  22. zulfikri mengatakan:

    Betul Pak Zulfikri di Malaysia, banyak sekali orang berkongsi nama Zulfikri.

    Sudah saya coba search dengan mesin google, ada 48.300 halaman (page) yang menampilkan nama ZULFIKRI, baik itu nama awal maupun nama akhirnya ZULFIKRI.

    Ya, kita doakanlah semoga yang berkongsi nama ZULFIKRI dapat berulang-ulang pergi ke Makkah menunaikan ibadah haji atau ihram, dan diberi peluang kesuksesan di segala hal, amin yaa rabbal ‘alamin !!!

  23. zulfikri mengatakan:

    Saya tambahkan satu lagi Pak Zulfikri
    Ada berita di Indonesia tentang kasus borkongsi nama bahwa Sony.Corp di Jepang mensomasi Sony AK di Indonrsia dikarena berkongsi nama. (baca beritanya klik:

    http://www.detikinet.com/read/2010/03/12/154057/1317248/399/pengamat-ancaman-sony-corp-akan-sia-sia

    dan :

    http://www.detikinet.com/read/2010/03/15/115944/1318377/399/sony-corp-belum-cabut-somasi-sony-ak

    Semoga kita yang berkongsi nama ZULFIKRI di dunia ini tidak akan saling ber somasi.

    Saya usulkan pada Pak Zulfikri di Malaysia, bagaimana kita buat group berkongsi nama ZULFIKRI sedunia di facebook, saya silahkan Pak Zulfikri di Malaysia untuk memoderatori atau memuliai membangunnya, OK ?

  24. apa hubungannya master plan mekah 2010 dengan freemason atau illuminate?

  25. zulfikri mengatakan:

    Pak Gerimis Yth,

    Saya belum tahu apa kira-kira hubungan antara “Master Plan Mekkah 2010″ dengan “Freemasson atau illuminatte”.

    Saya sarankan coba tanyakan di forum: http://forum.detik.com/showthread.php?t=6784&page=24 karena di forum ini pernah ada diskusi sehubungan dengan “Freemasson atau illuminate” tsb.

    Atau silahkan cari informasi di website: http://www.illuminati-news.com/

    Wassalam,

  26. wahyu wibowo mengatakan:

    saya sependapat kalau alasan untuk menampung kapasitas jamaah untuk beribadah bisa meningkat, namun saya mengajak kepada rekan2 sekalian agar kiranya berdoa semoga kawasan tersebut tidak dikuasai oleh investor2 asing yang hanya berkepentingan meraup keuntungan dar umat Islam yang melaksanakan ibadah haji & umroh, semoga ibadah haji tetap bisa kita maknai dan pahami substansinya, kendati suasana dan desaign nya telah banyak berubah……..ya Allah jagalah selalu hati ummat mu dan Baitullah yang sangat mulia ini….dan jadikanlah sebagaian dari rezeki kami utk dapat sll beribadah ketanah Suci Mekkah………amin…

  27. zulfikri mengatakan:

    Amin, amin, amin yaa rabbal alamin..!

  28. syamsurizal hasan mengatakan:

    assalamu alaikum…… dikampung saya banyak orang bilang bahwa developer pembngunan masjidil haram adlah keluarganya osama bin laden…. apa benar ya….?

  29. Anggy Surya Putra mengatakan:

    subhanallah..subhanallah..subhaallah….Allahhu akbar…Maha suci engkau ya Allah..Maha besar engkau yaa Allah…perkenankan lah hamba mu ini dan seluruh umat islam di dunia pergi ke kota mekkah yang engkau sucikan sampai hari kiamat nanti ya Allah..walaupun hanya sekali saja ya Allah…kami rindu sekali akan bisa beribadah kepada-Mu di masjidil haram itu ya Allah..satu kan kembali hati kami umat islam di seluruh dunia ini ya Allah… biarlah pemimpin-pemimpin islam dunia berlomba-lomba memperindah kota mekkah tersebut ya Allah..tetapi tujuan kami kesana hanya satu hanya untuk mencari keridhaanmu ya Allah…perkenankanlah niat hati ku ini ya Allah…berikanlah ku kemudahan dan keberkahan di dalam menjalini luasnya kehidupan dunia ini ya Allah…subhanallah..subhanallah..subhanallah…..

  30. Totok Sudjarwanto mengatakan:

    Semua jejak jerih payah Rasulullah itu habis oleh modernisasi. Sebaliknya mereka malah mendatangkan para arkeolog (ahli purbakala) dari seluruh dunia dengan biaya ratusan juta dollar untuk menggali peninggalan-peninggalan sebelum Islam baik yang dari kaum jahiliyah maupun sebelumnya dengan dalih obyek wisata. Ini merupakan pelenyapan bukti sejarah yang akan menimbulkan suatu keraguan di kemudian hari.Menurut Bapak Zul Fikri apakah ini bukan merupakan bencana. Ya Alloh hamba mohon perlindunganMu atas kelalaian ini.

  31. zulfikri mengatakan:

    Setahu saya Rasullullah SAW meninggalkan dua pusaka untuk umatnya yang harus diwariskan, dipelihara dan dijadikan pegangan atau pedoman dalam menjalankan kehidupan di dunia ini, jika kedua pusaka ini tidak lagi diaplikasikan maka inilah bencana bagi dunia.

    Mengenai hal “peninggalan sejarah atau purbakala” saya juga mendengar ada dua pendapat ulama, pendapat petama mengatakan bahwa pelestarian “peninggalan purbakala” adalah merupakan perbuatan “takhayul” dan “syirik” yang akan memungkinkan akan dijadikan barang sesembahan oleh sebagian orang muslim nantinya. Seperti yang pernah kita lihat bahwa kain penutupnya Ka’bah (kiswah) saja di jadikan benda keramat (jimat), oleh sebab itulah kain penutup ka’kbah di singsingkan keatas agar jangan diambil oleh orang yang mempunyai kepercaayaan seperti itu, dan tanah kuburan Rasulullah SAW di Masjid Nabawi di Madinah sebellum dibuatkan pagar teralis diambil sebagai jimat, dll sbg.

    Dan pendapat kedua adalah sebaliknya, seperti yang dikhawatirkan sebagaimana yang Pak Totok uraikan diatas. Wallahu aklam bis sawab.

  32. Nu tulen mengatakan:

    ya …mereka setiap pemerinatahan negara memiliki kebijakan sendiri
    -sendiri, kerena “kullu ro`sin ro`yun” ya g? walaupun ada yang menggapnya miring. yang jelas bersifatlah obyektif dan tidak egois dalam kepentingan bersama…semoga Allah meridhoi usaha mereka.amiin…

  33. Lutfi abdul Hakim mengatakan:

    semoga pembangunan perluasan masjidil haram lancar dan cepat selesai untuk segera menyambut tamu2 Allah dengan fasilitas yang istimewa,agar para jamaah haji merasa nyaman dan khusyuk dalam menunaikan ibadahnya. Untuk penghapusan situs2 sejarah islam ,kita orang awam sungguh jauh skala pemikiran kita dengan mereka ( Raja dan ulama2 besar dunia ).Ada alasan yang sangat kuat sehingga mereka mengambil keputusan tersebut. Semoga kita semua umat muslim dapat merasakan beribadah di tanah suci , amiin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: